Persiapan Pendakian Gunung

Hallo. Dulur Gunung!!!

Naik gunung atau mendaki gunung belakangan ini seperti menjadi kegiatan yang cukup diminati oleh kalangan anak muda. Hal itu sedikit banyak dipengaruhi oleh sosial media instagram. Ya, siapa sih saat ini yang tidak mempunyai akun instagram, apalagi anak muda. Di instagram, media berupa foto dan video begitu cepatnya tersebar luas. Akun-akun pecinta alam, khususnya gunung dengan jumlah follower puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu yang me-reupload foto-foto dan video yang masuk kedalam tag-nya semakin membuat pengguna instagram semakin mengetahui tentang gunung. Keindahan bentang alam, hutan, puncak, danau, sabana, senja ataupun fajar yang memikat dengan warna orange-nya selalu berhasil memikat hati siapaun yang melihatnya. Mungkin itulah sedikit banyaknya yang mempengaruhi orang-orang jadi menyukai naik gunung, atau setidaknya naik gunung.

Begitupun dengan saya, saya menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gunung mulai akhir tahun 2018. Berawal dari ajakan seorang teman mendaki gunung seminung di daerah perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Oku Selatan di Provinsi Sumatera Selatan.



Sangat begitu banyak pengalaman yang didapatkan dari pendakian kala itu. Mendaki gunung bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, seperti pergi kepantai ataupun tempat wisata lainnya. Mendaki gunung harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Selain uang dan waktu, fisik juga harus menjadi hal utama yang dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Kegiatan selama 2 hari 1 malam, ataupun lebih (tergantung gunung yang didaki) mewajibkan kita harus berjalan dan terus berjalan, belum lagi ditambah carier (tas) yang beratnya bisa mencapai 15kg atau bahkan lebih.

Selain hal yang sudah dijelaskan diatas, masih terdapat hal yang juga tidak kalah penting, yaitu bagaimana manajeman pendakian harus diperhitungkan dengan sangat baik sejak sebelum naik. Kegiatan berhari-hari selama digunung membuat kita harus pintar mengatur logistik makan dan minum agar tidak berlebihan atau bahkan kekurangan dan habis sebelum pendakiannya selesai.

Pengetahuan jalur dan informasi gunung. Nah, hal ini juga merupakan hal yang sangat penting. Sebelum mendaki, kita harus mencari sebanyak mungkin informasi tentang gunung tersebut, mulai dari akses transportasi menuju basecamp, biaya yang diperlukan dan lainnya. Kemudian pengetahuan jalur. Jika kamu merupakan seorang yang baru mau mendaki gunung, sangat dianjurkan untuk menyewa seorang guide ataupun teman yang sudah pernah mendaki gunung yang akan didaki, karena hal tersebut sangatlah akan membantumu.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Untuk spesifik persiapan fisik, manajemen pendakian dan pengetahuan jalur akan dibahas diartikel berikutnya. Apabila ada saran dan kritik bisa sampaikan dikolom komentar atau juga langsung ke email saya; imamhanif04@gmail.com .

Salam. Dulur Gunung!!!


Comments